Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan perpindahan putaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama - sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda.
Pada
saat kendaraan belok kanan
Drive pinion memutarkan ring gear,
ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion
gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari
side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar sehingga menyebabkan
putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan.
Pada
saat kendaraan belok kiri
Drive pinion memutarkan ring gear,
ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion
gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari
side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan
putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri. Pada saat kendaraan berada dilumpur
Bila
salah satu roda berada di Lumpur maka akan terjadi slip bila pedal akselerator
diinjak. Hal ini disebabkan karena tahanan gesek yang sangat rendah dari
permukaan Lumpur.
Keadaan
ini akan menyulitkan untuk mengeluarkan roda dari Lumpur karena lebih banyak
terjadi slip dari pada bergerak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar